Minggu, 26 April 2020

Pengembangan Diri di Masa Pandemi Covid 19


Sagusablog Berkah Guru ditengah Pandemi

Pandemi Covid 19 yang melanda lebih dari 200 negara didunia, membuat dunia tersentak.
Penanganan untuk mencegah penularan dengan menjaga jarak fisik dan tinggal dirumah membentur segala sektor kehidupan tak terkecuali dunia pendidikan di indonesia.
Bekerja dan belajar dari rumah menjadi pilihan mas menteri supaya pembelajaran tetep berjalan dengan segala bentuknya. Kondisi yang mendadak ini mengharuskan (tergagap - gagap) guru dan siswa membiasakan diri dengan belajar mengajar online. Sang guru dipaksa untuk mengkreasikan pembelajaran online dengan berbagai macam media, bentuk dan metodenya.

Sejalan dengan pembelajaran di rumah maka bergoyanglah segala macam kekurangnyamanan dalam pembelajaran yang sebagian besar menyoroti tugas dan ulangan harian yang harus dikerjakan siswa terlalu berat dan banyak. Banyak hal yang menyebabkan ketidaknyamanan ini yang salah satunya pandemi terjadi diawal tahun dimana banyak mata pelajaran yang belum sempat mengambil nilai siswa, sehingga beberapa guru terpaksa harus mengumpulkan nilai dengan cara pemberian tugas dan ulangan.

Guru sebuah pekerjaaan yang menuntut sang pelaku selalu mengupgrade kemampuan dirinya agar tercapai tujuan pendidikan dengan baik. Pandemi ini mengajarkan kepada kita bahwa kita harus menyiapkan dan mempraktekkan pembelajaran berbasis Teknologi dan Informasi Komputer (TIK), menuju pembelajaran abad 21 distrubsi industri 4.0.

IGI Ikatan Guru Indonesia sejak berdirinya, lebih sepuluh tahun lebih yang lalu sudah menyiapkan berbagai macam kanal yang bisa digunakan anggotanya untuk mengupgrade kemampuan diri di berbagai bidang termasuk di bidang TIK. Banyak kanal yang bisa diikuti guru salah satunya Sagusablog (Satu Guru Satu Blog) merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan Ikatan Guru Indonesia. Pada bulan April ini Sagusablog sudah mengadakan dua kali kegiatan sagusablog dasar 38 dan sagusablog lanjutan 39. Beruntunglah dan berkah bagi para guru yang mendapat kesempatan belajar di sagusablog.

Blog dapat digunakan sebagai salah satu metode dalam pembelajaran online. Guru bisa memposting materi dalam bentuk tulisan, gambar dan video pembelajaran, juga bisa menyematkan evaluasi. Siswa dapat berinteraksi dengan guru menggunakan blog secara langsung maupun tidak langsung, Sehingga siswa dan guru bisa mengatur pembelajaran dengan baik. Blog juga menjadi alternatif metode pembelajaran online disamping berbagai macam LMS yang ada.
Urgensi blog menjadi penting manakala pembelajaran online dan tatap muka klasikal dilaksanakan. Penyediaan metode blended learning yang bervariasi salah satunya dengan blog akan menjadikan wawasan siswa menjadi lebih luas, juga menstimulus life sklil siswa meningkat.

Selamat berSagusablog 39
Regard
KangBasri

0 komentar:

Posting Komentar